Perbedaan E-money dan E-wallet

Halo Sahabat iPaymu!

Di era digital yang semakin marak dengan penggunaan E-Money dan E-Wallet, masih banyak masyarakat yang belum mengerti perbedaan dari keduanya. Mereka menganggap bahwa E-Money dan E-Wallet adalah sama.
Kamu pasti salah satu pengguna E-Money atau E-Wallet, bahkan kedua-duanya kamu memilikinya, bukan? Sudah tahu belum apa saja perbedaan E-Money dan E-Wallet? Yup, agar kamu tidak bingung, kali ini #teamiPaymu akan memberikan sedikit pencerahan mengenai e-Money dan e-Wallet!

1. Pengertian E-money dan E-wallet
Emoney merupakan alat pembayaran yang memiliki nilai setara dengan uang yang tersimpan secara elektronik dalam suatu media. Kegunaan uang elektronik ini bermacam-macam, seperti membayar tiket transportasi umum, tarif jalan tol, membayar biaya parkir hingga berbelanja di toko swalayan dan minimarket. Nilai uang di dalam e-money akan otomatis berkurang atau bertambah tergantung transaksi yang dilakukan. Secara fungsi tidak membutuhkan internet, E-money memiliki chip. E-money mampu mendeteksi mesin yang bekerja sama dengan cara menempelkan kartunya.
Berbeda dengan E-wallet yang membutuhkan internet agar fungsinya bisa berjalan. Selain itu, E-wallet dapat digunakan di berbagai tempat. Sebagai pembayaran listrik, air, telepon dan lain-lain

2. Kegunaan
Bentuk yang berbeda dari keduanya juga membuat kegunaan masing-masing berbeda.
Karena berbasis chip dan tidak menggunakan internet, e-money hanya bisa digunakan di tempat-tempat tertentu yang memiliki mesin pembaca.
Beberapa tempat yang lazim menggunakan e-money adalah tempat parkir, pintu masuk tol, dan moda kendaraan umum. Di lain pihak, e-wallet dapat digunakan di lebih banyak kesempatan karena menggunakan internet. Itulah mengapa kamu dapat mengirim uang, membayar pembelian online, dan membayar pajak.

3. Saldo
Untuk pengisian, keduanya sama-sama dapat diisi melalui internet. Namun, pengisian saldo e-money akan lebih mudah jika kamu memiliki smartphone dengan NFC (near field communication).
Jika tidak, kamu perlu mengisi kartu e-money-mu di mesin ATM, EDC, atau penyedia layanan pengisian lainnya.
Hal tersebut berbeda dengan e-wallet yang dapat dengan diisi tak hanya melalui ATM, tetapi juga layanan bank berbasis internet.

4. Jangkauan pengguna
Bersumber dari Tirto, segmentasi yang dijangkau oleh e-money lebih luas dibandingkan dengan e-wallet.
Karena bentuknya yang ada secara fisik yaitu kartu, e-money lebih mudah digunakan oleh masyarakat.
Sementara itu, segmentasi e-wallet lebih kepada penikmat belanja baik secara online maupun offline.

5. Keamanan
Poin terakhir mengenai perbedaan e-money dan e-wallet adalah keamanan.
Karena e-money berbentuk fisik dan tidak terkoneksi internet, uang elektronik yang satu ini akan lebih rawan hilang atau rusak.
Sementara itu, e-wallet cenderung lebih aman karena mengacu pada nomor handphone pengguna dan dilengkapi dengan nomor PIN.

Nah, itu dia perbedaan E-money dan E-wallet, semoga bermanfaat ya!

payment gateway indonesia, chatbot ipaymu, midtransaksi indonesia AutoSULTAN