Berhati-hatilah dengan Phising dan Spoof website saat bertransaksi di internet!

Phishing adalah bentuk pemalsuan yang dilakukan dan dirancang untuk mencuri  identitas Anda. Phishing bekerja dengan berpura-pura menghubungi Anda untuk mendapatkan informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit dan kartu debet, nomor rekening bank, sandi rekening, atau nomor identitas lainnya.

Salah satu penipuan phishing yang paling umum melibatkan pengiriman email palsu yang menyatakan dari perusahaan terkemuka. Phishing juga dapat dilakukan oleh seseorang secara langsung, melalui telepon, jendela pop-up maupun situs web palsu.

Bukan hanya phising saja yang perlu Anda perhatikan tetapi juga Situs Spoof (Situs Palsu) karena biasanya terhubung dari email phising tersebut.

DEFINISI :

Phishing (baca ?fishing?) merupakan email palsu yang meminta atau melakukan penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi yang sensitif.

 Situs Spoof: Situs palsu ? biasanya terhubung dari email phishing ? yang terlihat mirip dengan situs web terkemuka.

 Berikut adalah contoh bagaimana Phising melakukan aktivitasnya :

  1. Pemalsu akan mulai mengirim ratusan, ribuan, bahkan jutaan email ke berbagai akun email dan menyamar sebagai pesan dari perusahaan terkemuka. Setelah berhasil mengirim email tersebut email phising biasanya berisi kisah buatan yang dirancang untuk memikat Anda agar melakukan tindakan seperti mengklik link maupun tombol, atau menghubungi nomor telepon yang terdapat di dalam email tersebut.
  2. Dalam email phising, terdapat link atau tombol yang akan membuka situs web palsu.
  3. Situs web palsu (Situs Spoof) tersebut juga akan meniru tampilan situs web atau perusahaan tertentu. Situs penipuan tersebut akan meminta informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit, rekening bank, pasword, user name akun dan identitas lainnya.
  4. Saatnya untuk lebih berhati-hati ketika bertransaksi, pastikan untuk bertransaksi di situs yang terpercaya. Tips bertransaksi aman di internet dapat Anda baca disini.
payment gateway indonesia, chatbot ipaymu, midtransaksi indonesia AutoSULTAN