Podkesmu Ep.3

iPaymu Superpay, Puluhan Fitur Menunjang Bisnis Anda

Avatar

Nah, teman – teman mesti tahu ini Bu, iPaymu Superpay. Boleh dong bu di ceritain tentang iPaymu supaya teman – teman makin ngerti.

Avatar

Mungkin dari teman-teman sekalian sudah ada yang kenal, ada yang bahkan sudah menggunakan tetapi ada juga sebagian yang masih belum tahu mengenai iPaymu. Meskipun iPaymu sudah dari, berapa tahun yaa.. 2012. Nah, lalu bagaimana mengenai iPaymu ini, iPaymu kebayangnya seperti apa, makhluk apa gitu ya hehee.. gampangnya itu gini, kalau kita melakukan transaksi online biasanya kan kita belanja terus prosesnya setelah milih-milih kita melakukan check-out. Kemudian, kita melakukan pembayaran. iPaymu membantu mensukseskan transaksi online. Kenapa harus menggunakan iPaymu karena untuk memudahkan transaksi online. Transaksi online itu tidak sama ya dengan transaksi internet transaction kayak internet banking dan sebagainya. Padahal dia memiliki kemampuan untuk memproses dan menghubungkan antara merchant atau orang yang punya produk dengan pembelinya secara langsung dengan berbagai macam metode pembayaran. Kemudian yang ke-dua adalah system notifikasi, system notifikasi itu penting karena transaksi digital itu / transaksi online itu membutuhkan transaksi yang real time notifikasinya. Kenapa harus real time? Gakbisa dong kita transaksi sekarang terus kita ngirim bukti transfer setelah itu besoknya baru di proses / di confirm. Digital itu notifnya / dNa nya adalah real time. Jadi, dibutuhkan layanan-layanan iPaymu ini untuk men-real time kan transaksi notifikasinya. Kenapa perlu, karena biar pembeli langsung tahu “ooh.. transaksi ku berhasil ya, ooh.. transaksi ku langsung di terima ya.. ooh gagal ya..” kenapa gagalnya? Ya.. hal-hal yang seperti itu yang bisa dijelaskan melalui system. Di iPaymu kita ada banyak yaa, channel pembayaran yang bisa dimanfaatkan.

Avatar

Nah, ini menarik Bu Silvi. iPaymu ini sudah ada dari tahun 2012, berarti kita sudah ada 8 tahun ya teman-teman membantu transaksi online teman-teman dari 2012. Dari yang kita kutip dari Ibu Silvi, banyak channel paymentnya yang bisa memudahkan usaha teman-teman yang pastinya efektif dan efisien. Ketiga, yang kita tangkap dari Ibu Silvi kepercayaan konsumen dalam bertransaksi di usaha – usaha / di sebuah toko online. Nah, yang kita pengen tahu layanan – layanan iPaymu apa saja yang bisa di tawarkan ke teman – teman sebagai pelaku usaha khususnya yang sudah lari ke digital.

Avatar

Ya, sebenarnya iPaymu itu channelnya ada berbagai macam. Ada mulai dari channel yang sifatnya transfer, ada yang bersifat cash dan juga ada yang bersifat kayak cicilan. Nah, berdasarkan hal 3 tersebut akhirnya kita memiliki channel yang banyak. Pertama, berkait dengan transfer. Kita memiliki fasilitas instant VA, ya jadi buat teman-teman yang mempunyai online store / pebisnis apapun gak mesti online store. Karena bisnisnya itu gak mesti yang digital produk yaa. Misal memang produk yang memang ada barangnya tapi juga yang barang digital produk, delivernya lewat digital kayak misalnya, subscribe music, subscribe keanggotaan. Kemudian, ada juga produk yang sifatnya service. Misalnya menggunakan jasa dokter atau menggunakan jasa – jasa konsultasi yang lain. Di iPaymu ada Instant VA (VA) itu untuk memudahkan bagi mereka yang suka transfer – transfer bank. Kenapa instant? Karena VA nya otomatic ter-create pada saat terjadi transaksi. Dan itu di iPaymu, VA yang kita create itu per transaksional. Orang itu gak perlu lagi konfirmasi karena misalnya saya punya transaksi, saya pembeli A di tokonya Mas Kresna. Kemudian, saya kan order check out. Setelah check out saya dapet no VA. Di nomor VA itu nomer transaksi saya nanti langsung bisa mengetahui bahwa pada saat saya bayar Mas Kresna sebagai merchant pasti tahu bahwa.. “ooh ini transaksinya Ibu Silvi”

Avatar

Jadi, kita sebagai pelaku usaha sudah gak perlu ribet-ribet “oh yaa ini transaksi siapa yaa”, “oh nanti ketika mau bayar, harus kirim ke sini nih… jadi gak perlu itu lagi ya bu?

Avatar

Iya, gak perlu. Jadi langsung bisa connected. Kemudian, kalau teman-teman yang suka produknya barang ya, kemudian ingin masuk ke market baru, yang belum tau marketnya. Itu kebanyakan pakai yang menggunakan COD (Cash On Delivery). Kita iPaymu sudah terintegrasi dengan logistic yang cukup representative untuk mensupport cash on delivery. Jadi, meskipun transaksinya COD itu notifikasinya online, langsung. Ketika pembeli memilih transaksi menggunakan COD, maka dia langsung (si merchant) langsung tahu “oh.. ini COD nih” langsung dikirim, ketika barangnya datang dia di bayar, pada saat dia bayar merchantnya langsung tahu kalau pembayarannya sukses.

Avatar

Jadi, ini 1 layanan dimana si konsumen dari rekan-rekan kita yang memiliki usaha itu langsung bayar di tempat ya?

Avatar

Iya langsung bayar digital.

Avatar

Oke, semua digital. Notifikasi semua digital, tapi tetap bayarnya bisa pakai cash.

Avatar

Di iPaymu bisa 2, online to offline. Teman – teman bisa langsung mempunyai jaringan online dan jaringan offline. Kemudian, ini yang menarik dari penggunaan channel bahwa selain transfer bank dan COD. Pengguna terbesar adalah pembayaran menggunakan Convenience Store. Convenience store itu bayarnya di Alfamart dan Indomart. Jadi, seandainya transaksi online bisa bayar disana. Kenapa? Karena kadang-kadang pembeli itu ada di area-area yang tidak dekat dengan ATM. Tapi dekat dengan Indomart maupun Alfamart. Itu sangat membantu.

Avatar

angat membantu sekali dan kalau kita bisa menyimpulkan itu, teman – teman / konsumen yang belum ambil uang atau memang mbanking nya lagi bermasalah / lagi mager banget ke ATM harus transaksi lain-lain. Oh kebetulan ntah dia deket rumah / deket kompeknya ada Indomart dan Alfamart bisa bayar kesana ya bu..

Avatar

Dan itu penting ya untuk teman-teman yang ingin memiliki channel pembayaran yang bisa dipilih oleh buyer nya. Semakin buyer nya itu punya banyak pilihan. Maka akan besar kemungkinan untuk mereka melakukan pembayaran itu (meng-eksekusi). Kemudian kita juga terkoneksi dengan QRIS. QRIS ini sangat menarik karena di dalam QRIS banyak sekali ada system pembayaran terutama E-wallet dan E-money yang bergabung menjadi 1. Jadi, untuk teman-teman, di semua orang pasti punya adalah E-money / E-wallet yah.. yang kayak Dana, Gopay, Ovo, Link Aja dan sebagainya. Kemudian Shopee pay, nah ini.. dengan menggunakan iPaymu satu kali integrasi dapat semua, pakai QRIS.

Avatar

Dengan 1 QR, teman-teman / konsumen bisa membayarkan melalui E-money / E-wallet ya buu.. Waw!

Avatar

Iya, jadi gak perlu connect satu-satu. Cukup 1 integrasi dengan iPaymu sudah dapat semua.

Avatar

Nah, penting banget untuk teman-teman yang sudah mempunyai bisnis online. Hampir semua orang di Indonesia minimal 1 / 2 mempunyai E-wallet / E-money dan itu mereka juga pasti isinya bisa langsung untuk belanja. Dengan 1 integrasi dengan iPaymu, teman-teman / konsumen teman-teman bisa langsung bertransaksi dengan semudah itu ya bu..

Avatar

Betul, terutama untuk teman-teman yang bertransaksi donasi yaa.. itu sangat menarik. Kenapa? Karena donasi ini nilainya juga ada yang banyak / ada yang mungkin sedekahnya di lakukan hari-hari / dilakukan untuk transaksi yang nominalnya tidak besar kayak Rp 100.000, 150.000 ataupun 200.000. Nah, untuk memudahkan transaksional itu daripada buka Internet banking atau pergi ke Alfamart / Indomart. Untuk teman-teman millennial mereka punya balance di E-wallet / E-money mereka. Di handphone lagi jadi transaksinya cekrek-cekrek.. langsung pindah datanya / balancenya ke merchant. Dan juga nanti notifikasinya langsung. Kemudian, di iPaymu juga ada channel pembayaran lain yang bisa dipilih menggunakan cicilan tanpa kartu kredit. Artinya, seperti ini kita bekerja sama dengan Akulaku untuk menerima transaksional yang sifatnya cicil. Jadi kalau misalnya teman- teman memiliki akun Akulaku langsung aja dibayarkan dengan cicilan tanpa kartu kredit dengan iPaymu. Kalau misalnya mau beli handphone baru, atau tiket pesawat, mau beli kulkas untuk ibu-ibu yang baru menikah / pasangan yang baru menikah, bisa di bayarkan dengan cicilan tanpa kartu kredit dengan facility yang connected dengan Akulaku. Oh.. ini yang menarik untuk di VA, transfer VA. Di iPaymu memungkinkan untuk memunculkan nama Brand.

Avatar

Ooh berarti kalau kita memunculkan nama Brand, pasti akan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Avatar

Yaa, Betul. Problem yang sering terjadi di transaksi-transaksi online untuk teman-teman yang biasanya bertransaksi di channel-channel yang bisanya dilakukan di WhatsApp dan sebagainya. Minta di transfer ke nomor rekening ini.. “Ini siapa ya” setelah di transfer namanya siapa kok gak sama dengan tokonya yang saya order.. Nah, makanya dengan menggunakan iPaymu otomatis brandnya akan keluar. Misalnya, saya pengusaha keripik tempe A B C. Merk brand name tempe saya, “Keripik Tempe A B C” kan gak mungkin ya kalau ada pembeli Mas Sesa beli di tempat saya, terus saya kan belinya di Warung keripik tempe A B C kenapa kok munculnya namanya Sesa keluar di tujuan transfer, transfer kemana itu kan.. nama Keripik tempe itu keluar di tujuan transfer baik itu internet banking maupun di ATM ini akan membuat saya makin percaya. Bahwa Oh.. ya benar tadi saya belanjanya di toko keripik A B C sekarang saya bayarnya disana, saya gak salah. Itu otomatis di iPaymu brand name bisa di up dengan transaksi menggunakan iPaymu.

Avatar

Penting nih buat teman-teman yang ingin meningkatkan trust dari konsumen di atas segalanya.

Avatar

Karena Brandmu sangat bisa menaikkan kepercayaan pembeli pada saat melakukan transaksi. Karena kalau transaksi sudah berbeda, tujuan transfer nya itu sudah langsung mostly mereka gak akan lanjutkan transaksi itu. Tapi kalau sama, mereka akan melanjutkannya.

Avatar

Oke, jadi di iPaymu ini memiliki beberapa layanan yang baru kita bahas ada 5, ada transfer Bank / Virtual Account, COD (dan kita sudah bekerja sama dengan 1 logistic yang ada di Indonesia), ada Convenience Store (pembayaran lewat Alfamart dan Indomart), QRIS dan selanjutnya ada layanan Brandmu, kalau bisa kita simpulkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi. Nah, selanjutnya ada juga pertanyaan nih Bu.. kalau menggunakan layanan Escrow nah itu bagaimana?

Avatar

Escrow di iPaymu ada. Dan itu layanannya khusus sendiri, jadi di kita ada namanya Link payment, disitu kita memungkinkan adanya escrow. Tapi mesti dipahami dulu, apa itu escrow. Escrow itu sebenarnya sama dengan transaksi-transaksi lain, ini basisnya sama dengan di transfer (VA) artinya pada saat merchant bertransaksi menggunakan layanan kita dan escrow yang diambil itu. Maka, transaksi itu tidak langsung di release. Tetapi ditahan dulu menunggu konfirmasi. Contohnya, begini: seandainya transaksi ini bertransaksi di iPaymu, pada saat pembelinya bayar uang tersebut nanti akan di release ketika barang itu datang. Dan itu, si buyer akan melakukan notifikasi nya. Atau seandainya dia tidak melakukan hal tersebut, system akan otomatis melakukan auto release.

Avatar

Itu ada jangka waktu nya gak Bu Silvi?

Avatar

Ada.. jangka waktunya sampai 7 hari. Kenapa melakukan seperti ini? ini juga meningkatkan tingkat kepercayaan. Karena orang sering berpikir bahwa “hmm merchant ini ya kurang meyakinkan” tetapi jangan salah si merchant juga berpikir hmm “si buyer ini benar-benar beli ke saya gak ya..” jadi, ya butuh sekali memastikan 2 belah pihak, makanya membutuhkan seperti ini. Jalan tengahnya itu ya Escrow. Tujuannya untuk menjaga keamanan masing-masing. Merchantnya aman, kemudian si pembelinya juga merasa trust nya juga naik. Itu sistemnya juga otomatis di iPaymu.

Avatar

untuk notifikasi itu lewat mana saja Ibu Silvi?

Avatar

Yaa.. notifikasi di iPaymu, jangan lupa ya basicnya itu otomasi. Semuanya akan terinformasi secara otomatis termasuk notifikasi. Notifikasi bisa terjadi otomatis karena kita sudah open API. Jadi ketika, si merchant join dengan iPaymu maka otomatis dia dapet API, didalam API dia dapat seluruh channel payment kita. Tinggal pasang di website, system otomasi nya itu berjalan. Jadi apa pun engine yang digunakan membutuhkan tipe notifikasi seperti apa si engine ini pasti akan berjalan secara teknologi. Kemudian, yang kedua sisi notifikasi tidak hanya di dapat di merchant saja, atau penyelenggara website / penyelenggara online store nya. Tetapi juga, si pembelinya dapat (orang yang melakukan pembayaran) juga dapat notifikasi menggunakan email. Bahwa transaksi nya sudah berhasil, ID nya atas nama sekian, dimana dia melakukan transaksi, statusnya berhasil dan sebagainya. Notifikasinya menyenangkan ini, baik untuk si merchant sendiri, pembeli dan jangan lupa bagi para developer yang meng-connect kan iPaymu selain dia bahagia API nya open dan merger engine bisa di connect kan langsung. Dia juga gak perlu create notif-notif yang lain. Notifikasi nya sudah langsung ada di iPaymu.

Avatar

Nah, itu yang menarik nih Ibu. Dari open API tersebut, nanti konsumen juga akan mendapatkan notifikasi lewat email. Oya, ada pertanyaan lagi nih.. iPaymu sudah bekerja sama dengan mitra / channel nya apa saja Ibu Silvi?

Avatar

Mitra channel kita kalau untuk transfer, bisa di pakai di 135 bank yang ada di seluruh Indonesia, jadi gak harus sama Bank nya. Kemudian, kita juga masuk di jaringan GPN, Visa dan Master makanya salah satu channel nya itu adalah Kartu Kredit. Bisa menerima transaksional berbasis kartu kredit. Partner kita ada Alfamart dan Indomart untuk transaksionalnya. Kemudian ada juga Akulaku, E-money dan E-wallet yang ada di Indonesia lewat QRIS. Kita ter-integrated juga dengan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) jadi semua transaksional yang ada di Indonesia sudah pasti akan bisa di proses oleh iPaymu.

Avatar

Buat teman-teman yang mempunyai usaha digital, ayo jangan ragu bekerja sama dengan iPaymu. Cara bekerja sama dengan iPaymu seperti apa nih bu?

Avatar

Bekerja sama dengan iPaymu, gampang banget! Untuk merchant, bisa langsung register. Sebenarnya register di iPaymu hanya 30 detik, langsung bisa dapat account, langsung bisa di gunakan bertransaksi. Tidak perlu integrasi kemana-mana.

Avatar

Wah menarik ini bu! 30 detik sudah bisa memiliki akun iPaymu!

Avatar

Iya, di iPaymu ada layanan link payment (link pembayaran) tidak perlu integrasi kemana-mana.

Avatar

Oooke.. tidak perlu integrasi kemana-mana berarti akan semudah itu men-generate link payment itu. Untuk kita selaku pebisnis / client / merchant mudah gak sih Bu untuk generate nya?

Avatar

Mudah. Jadi, misalnya teman-teman yang gak punya toko online / platform tapi jualan online lewat WhatsApp, Instagram, Facebook dan sebagainya. Nah, dia bisa meng-create link paymentnya supaya bisa menerima pembayaran. Bisa pakai QR, Transfer, COD dan lain-lain. Tinggal masuk ke dashboard iPaymu, klik layanan – klik link pembayaran – masukan barangnya – masukan quantity nya – masukan rupiah / harganya. Langsung create nanti dapat link. Link nya itu yang di share ke pembeli.

Avatar

Share nya ke media apa saja Bu?

Avatar

Pakai WhatsApp, Instagram, Facebook atau mau taruh di email. Saat orang itu menerima link ini, kemudian klik ya nanti dia akan melakukan pembayaran.

Avatar

Nah, ayo teman-teman yang masih bertanya-tanya tentang iPaymu, gampang gak sih bikin akunnya. Nah, di hari ini kami kupas tuntas layanan yang ada di iPaymu.

Avatar

Bisa buat akun di www.ipaymu.com

Avatar

Misalkan Ibu ada teman-teman yang ingin bertanya, kelanjutannya tentang iPaymu. Bisa contact kemana nih Ibu?

Avatar

Lewat DM iPaymu bisa, website iPaymu bisa. Atau request untuk conference call ini bisa atau lewat hubungi kami di website, pilih FAQ dan pilih sesuai dengan kebutuhan.

Avatar

Satu lagi nih bu, harga layanan di iPaymu?

Avatar

Layanan di iPaymu itu gampang banget! Cuma 3.500 per transaksi untuk VA. Ada beberapa layanan yang memakai persentase. Tapi untuk COD 0% karena di sistem iPaymu nanti di bebankan ke pembeli. QRIS itu 0,7% per transaksi. Bisa cek info detailnya di https://ipaymu.com/id/contact-sales/. Semua layanan iPaymu real time.

Avatar

Untuk mengaktifkan real time, bisa cek di dashboard iPaymu. Klik layanan dan ada informasi di dashboard. Sebelum ditutup nih Bu, kenapa harus memilih iPaymu sebagai partner usaha?

Avatar

Dengan channel yang cukup beragam memungkinkan kita memberi pilihan bagi buyer. Karena buyer ini kondisinya berbeda-beda. Lalu integrasinya simpel, hanya dengan 1 API saja sudah connected. Bahkan tanpa punya website / aplikasi / device apapun masih tetep bisa pakai iPaymu. Kemudian, real time settlement. Dan iPaymu memiliki ekosistem yang sangat membantu pebisnis online untuk bisa lebih ter-viralkan. Yang bisa ngirim traffic.

payment gateway indonesia, chatbot ipaymu, midtransaksi indonesia AutoSULTAN