Mengenal Frugal Living, Gaya Hidup Hemat Masa Kini yang Cocok Diterapkan Saat Pandemi

Halo Sahabat iPaymu!
Hemat dan pelit adalah dua kata yang memiliki arti yang berbeda. Sayangnya, kata hemat selalu diberikan konotasi yang buruk dalam masyarakat, dan kerap disandingkan dengan perilaku pelit. Gaya hidup hemat atau frugal living adalah pilihan tentang bagaimana seseorang menghabiskan uangnya untuk memenuhi kebutuhannya.

Frugal Living atau gaya hidup hemat sangat cocok diterapkan pada kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Frugal Living bisa juga diartikan sebagai konsep dimana kamu sepenuhnya menyadari betul bagaimana keputusan dalam mengelola keuangan. Kamu lebih memilih prioritas ketimbang gaya hidup.

Kamu akan mengurangi budget belanja demi terciptanya dana darurat yang bermanfaat di masa akan datang, seperti pensiun dini, atau kemerdekaan finansial. Frugal Living atau hidup hemat memang sering disebut dengan pelit. Namun pada kenyataannya tidak. Biasanya, pelit adalah bagaimana kamu membeli barang dengan murah atau bahkan tidak membelinya sama sekali. Tetapi Frugal Living mengedepankan kualitas.

Tak hanya bermanfaat bagi kondisi keuangan seseorang, frugal living juga bisa melatih diri agar lebih disiplin saat mengatur prioritas dan mengenali kebutuhan yang diperlukan. Selain itu, melalui cara mengatur keuangan ala frugal living, kamu juga akan terbiasa untuk membeli sebuah barang ataupun menggunakan jasa sesuai kebutuhan, bukan semata-mata karena keinginan ya! Lalu, bagaimana menerapkan gaya hidup frugal ini? Berikut ulasannya, di simak baik baik yuk..

1. Alokasikan Gaji
Ketika kamu menerima gaji, langsung alokasikan untuk belanja kebutuhan bulanan. Alokasi kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan pribadi dan rumah. Mulai dari uang makan, transportasi atau bensin, dana hiburan (nongkrong, nonton, atau menjalani hobi), termasuk menabung atau investasi. Cara mudahnya, bagi gaji atau pendapatanmu menjadi tiga pos utama, living, playing dan saving

2. Hemat Anggaran Makan
Menerapkan frugal living erat kaitannya dengan anggaran makan. Karena setiap hari manusia butuh makan dan banyak variasi menu makannya, jadi rencanakan dengan baik. Usahakan untuk memasak sendiri di rumah, karena lebih hemat. Beli bahan pokok selama seminggu, bagi ke dalam wadah, lalu simpan di freezer. Namun ada kalanya kamu pasti ingin jajan makanan, bukan? Jangan ditahan, tapi anggarkan! Bisa tetap hemat dengan memanfaatkan promo lho!

3. Jual / beli barang bekas
Mungkin kamu punya beberapa barang lama yang masih bagus, tapi jarang atau hampir tidak pernah dipakai. Kamu bisa memanfaatkan barang ini dengan menjualnya dan membeli hal lain. Sama halnya, bila kamu ingin beli sesuatu, kamu bisa mencari barang bekas yang masih dalam kondisi bagus. Banyak barang bekas yang sebenarnya masih jarang sekali dipakai, namun karena sudah pernah dibuka harganya jadi turun. Hal ini bagus untuk membantu kamu menghematnya. Jika kamu bingung cara menjualnya, kamu bisa coba menjual dengan cara online. Gampang kok. Kamu bisa manfaatin media sosial seperti Facebook Marketplace atau Instagram dan platfrom yang lainnya

4. Jangan Gengsi
Di antara kita tentunya pernah mendahulukan kebutuhan status sosial, atau ingin mendapatkan pengakuan di lingkungan sekitar. Inilah salah satu penyebat kita sering tergoda ingin membeli barang yang tidak penting. Jangan malu untuk hidup hemat dan seadanya.
Karena, sejatinya, kita hidup untuk diri kita sendiri, bukan untuk orang lain. Tidak perlu repot memenuhi ekspektasi orang lain dengan membeli barang yang sangat mahal. Penuhi saja apa yang kita butuhkan, bukan apa yang mereka butuhkan, toh pada akhirnya, orang lain tidak akan selamanya peduli terhadap kehidupanmu

5. Jaga Kesehatan
Sakit itu mahal. Pernyataan ini tak sepenuhnya salah. Sebab ketika sakit, tak sedikit uang yang harus dikeluarkan, entah untuk makan yang lebih sehat sampai biaya dokter dan obat. Ada baiknya selalu menjaga kesehatan diri. Bisa dimulai dengan rajin mencuci tangan dan berolahraga setiap hari. Olahraga yang dilakukan pun tak perlu hingga mendaftar gym. Berlari di sekitar rumah selama 20 menit per hari pun tetap bisa menjaga kebugaran tubuh atau kamu bisa berolahraga di lapangan yang dekat dengan rumah kamu

Yuk, hidup lebih hemat! Menjalani pola hidup frugal mungkin akan terasa berat di awal. Tapi dengan tekad dan prinsip yang kuat, kamu akan mampu disiplin dalam mengelola uang tiap bulannya.

Dengan hidup lebih hemat, kamu bisa memastikan kondisi keuangan yang lebih sehat. Selain menjalani frugal living, pastikan kamu sudah mempunyai financial planning yang kokoh ya! Semangat!

#paymentgatewaykereniPaymu
#paymentgatewayterbaikiPaymu
#paymentgatewayindonesiaiPaymu

payment gateway indonesia, chatbot ipaymu, midtransaksi indonesia