Pengertian Cashless dan Manfaat Penggunaannya untuk Anda

Halo Sahabat iPaymu!

Kini metode pembayaran digital banyak digemari masyarakat Indonesia. Dengan metode pembayaran ini, masyarakat tidak perlu lagi membawa uang tunai yang terlalu banyak ketika bepergian.
Bukan hanya itu, metode pembayaran ini juga telah didukung oleh pemerintah Indonesia. Misalnya, Pemerintah memberlakuan transaksi E-money untuk membayar akses jalan tol di seluruh Indonesia sejak Oktober 2017. Inilah salah satu titik awal masyarakat Indonesia untuk beralih ke transaksi non tunai atau cashless.

Secara umum, transaksi cashless lebih mudah dan cepat karena tidak perlu berurusan dengan uang kertas maupun logam. Ini juga bisa berdampak bagi usaha kamu karena antrean kasir bisa jadi lebih cepat. Tantangan utama dari transaksi cashless adalah koneksi internet yang bisa saja terhambat. Ketika koneksi internet sedang melemah, maka transaksi cashless akan memakan waktu yang lebih lama. Terlebih kondisi di pelosok Indonesia yang belum memiliki internet stabil.

Selain mudah dan cepat, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan metode Cashless, apalagi jika banyak promosi yang berkaitan dengan system yang dipakai. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan:
1. Praktis
Kelebihan utama cashless adalah kepraktisannya dan tidak boros waktu. Kamu tidak harus membawa tunai. Apalagi jika transaksi tersebut dalam jumlah besar, tentu lebih beresiko. Oleh karena itu, kamu juga lebih hemat waktu karena tidak perlu mencairkan uang di tabungan menjadi tunai. Hal ini yang menjadikan sistem cashless semakin praktis.

2. Mengurangi Potensi Kejahatan
Seperti disinggung sebelumnya, membawa uang tunai dalam jumlah besar tentu lebih beresiko. Apalagi jika kamu menggunakan transportasi umum. Dengan memindahkan uang tersebut dalam dompet digital, tentu akan memudahkan kamu. Kamu menjadi lebih tenang karena sudah membawa uang dalam jumlah yang diperlukan dan dapat terhindar dari kejahatan.

3. Banyak promosi
Ada berbagai merchant yang bermitra dengan dompet digital tertentu. Misalkan minimarket, kafe, restoran, sampai pusat perbelanjaan. Mereka menawarkan berbagai diskon menarik jika menggunakan dompet digital tersebut. Dengan begitu, tidak ada ruginya mencoba menggunakan sistem cashless.

4. Meningkatkan Pendapatan Negara
Sistem ini mencatat setiap pengeluaran. Akibatnya, pemerintah dapat mengetahui siapa saja yang dikenakan pajak. Secara tidak langsung, pembayaran pajak tersebut akan menambah pendapatan negara.

Nah, ini dia daftar beberapa dompet digital yang menyediakan layanan Cashless:
– Flazz BCA
– DANA
– Mandiri e-money
– Brizzi
– LinkAja
– Gopay
– OVO
– Shopee Pay

Demikianlah penjelasan tentang sistem pembayaran cashless dan juga manfaatnya. Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa kita simpulkan bahwa cashless adalah sistem transaksi dengan bentuk pembayaran digital, tanpa menggunakan uang fisik.
Cashless pun nyatanya memiliki kekurangan. Paling utama penggunaan cashless cenderung membuat kamu bisa lebih boros karena adanya promo.

Banyak sekali kan manfaat yang bisa didapatkan dengan menjadi cashless? Jadi, sudah siap menjadi cashless society?

#paymentgatewaykereniPaymu
#paymentgatewayterbaikiPaymu
#paymentgatewayindonesiaiPaymu

payment gateway indonesia, chatbot ipaymu, midtransaksi indonesia