Podkesmu Ep.4

Kupas Tuntas Viralmu.id

Avatar

Hari ini kita akan membahas platform kita yaitu Viralmu.id. Nah, apa sih Viralmu itu? Jadi, viralmu adalah platform marketing untuk branding hingga selling product atau jasa kalian yang anti boncos. Nah, dengan viralmu dapat memudahkan usaha atau bisnis-bisnis kalian nih.. yang untuk dapat menerima dan mengelola refrensi pelanggan – pelanggan Anda mulai dari set – up campaign hingga membayarkan komisi tentunya semua otomatis dan real time. Nah bu, gimana cara menggunakan viralmu, cara membuat campaign dan lain-lain?

Avatar

Bagi sebagian teman-teman mungkin sudah ada yang tahu dan juga ada belum. Viralmu itu sebenarnya merupakan satu platform yang didevelop sebagai envirotment nya iPaymu yang berfungsi sebagai jalur distribusi untuk branding, marketing dan selling. Kenapa kita sebut sebagai jalur distribusi? Karena didalamnya itu ada, merchant (semua pihak yang mempunyai produk, baik itu produk digital maupun non digital) produk digital itu seperti e-book, seminar atau mungkin punya produk download. Nah, itu produk digital. Kemudian produk yang non-digital itu produk yang bisa dikirim / barang. Nah, selama ini kan teman-teman yang mempunyai bisnis / usaha atau produk itu suka stuck (caranya membangun brand, caranya bisa marketingnya langsung ke market yang saya mau, kemudian gimana nih.. bisa muncul sales. Karena brand, marketing dan sales itu adalah 3 hal yang sangat-sangat berbeda. Nah, disitulah kita membuat platform ini untuk menjawab kegalauan teman-teman. Kemudian, ada promoter. Promoter itu adalah mereka (individu) yang tidak mempunyai produk tapi mereka mempunyai kemampuan untuk men-story telling / menawarkan produk – produk tersebut (produk dari merchant) dan mempunyai network. Networknya terutama dari sosial media ya luas. Bisa lewat Whatsapp, Twitter, Facebook, Instagram. Semua platform sosial media bisa dipakai untuk mendistribusikan informasi dari produk-produknya merchant atau teman-teman yang mempunyai barang. Nah, gimana cara kerjanya? Cara kerjanya adalah promoter ini siapa aja, tidak harus punya follower banyak, tidak harus punya kemampuan untuk menjual. Yang penting dia punya networking, menjadi promoter dulu lalu mengambil produk nya dari viralmu dan di share. Kenapa seperti itu? Karena viralmu meyakini bahwa promosi terbaik / referensi terbaik itu datangnya dari orang terdekat. Jadi, apa yang dikatakan temanmu / apa yang dikatakan kenalanmu, keluargamu pastinya itu adalah hal-hal yang memang referensi terbaik. Jadi, tingkat kepercayaan orang itu menjadi lebih baik. Yang namanya word of mounth, network effect, fenomena viral itu cukup mendapatkan etensi tinggi dari audience / netizen. Tapi dalam hal ini yang lebih ke positif. Kalau tradisional share itu orang yang menginformasikan barang / produk apapun itu secara luas dia akan membagikannya ke jalur-jalur yang luas. Misal contohnya, dia melakukan SEO, ads di facebook atau di google. Kemudian, mungkin dia akan melakukan blog / artikel dan lain-lain. Kalau kita, yang ngomong orangnya hanya 1 tapi closingnya bisa menjadi lebih lebar. Jadi viralmu ini sebenarnya adalah New Platform yang menambahkan performa kita untuk ke banyak orang dan bisa melakukan engage nya.

Avatar

Nah, teman-teman bisa dikutip dari Ibu Silvi, kalau kita berbicara tradisional way
untuk mempromosikan dari luas ke kecil. Nah, kalau dari viralmu ini kita mengembalikan dari yang kecil menjadi luas dengan kata lain, dengan 1 orang memberikan informasi ke banyak orang dan akhirnya semua orang jadi tahu. Nah, kalau di viralmu ini berbeda, kami akan membahas lebih detail lagi cara membranding usaha teman-teman bersama viralmu. Nah, bu kalau kita berbicara viralmu saat ini kita punya 3 element penting. Yang pertama double viral, viral booster, ticket viral. Dari ke-3 ini kita bisa discusi lebih dalam. Yang pertama kita bahas double viral, kalau buat campaign nya bagaimana?

Avatar

Ini semua harus masuk dulu ke viralmu.id, di viralmu.id untuk memanfaatkan fungsi viralmu, ada 2 : menjadi merchant dan promoter. Disana harus register dulu, mendaftar sebagai merchant atau mendaftar sebagai promoter. Kalau punya barang, daftar sebagai merchant, kalau tidak punya cuma mau dapat income tambahan register sebagai promoter (sambil rebahan dapat duit). Masing – masing nanti akan dapat dashboard, dan di dashboard ini fungsinya untuk mengatur dan mengelola account. Kalau merchant disitulah meng-create campaign, untuk melihat transaksi, melihat progress nya promoter seperti apa dan sebagainya. Kalau dari sisi promoter, dashboard nya bisa melihat apa saja. Bisa melihat promo-promo atau campaign yang bisa dia share. Disitu akan muncul semuanya. Nah, kalau fungsi yang di sebut oleh Sesa, itu adalah fungsi-fungsi yang ada di dashboard nya merchant. Fungsi-fungsi di dashboard merchant memang ada banyak, ada fungsi yang sifatnya untuk branding, marketing dan selling. Bisa dipakai satu-satu atau barengan (mix) tergantung goals. Itu ada di layanan, masuk ke dashboard. Di dashboard juga ada sistem-sistem yang sifatnya untuk konversi (double viral). Double viral itu sangat bagus dipakai untuk teman-teman yang produknya mau offline to online atau online to offline (oTo). Di Double Viral merchant bisa memasang campaign yang nantinya akan di share oleh promoter yang saat ini bergabung di viralmu sudah 35.000 promoter dan itu sangat berpotensi. Merchant harus bikin campaign di viralmu, campaignnya apa saja. Terserah.

Kemudian, ada Viral Booster. Viral booster itu adalah mereka yang untuk branding produk / jasa saja. Jadi create campaign, apa yang mau di informasikan mengenai produknya nanti ada yang suka produknya tinggal di share. Kemudian ada juga Toko Online, kenapa toko online? Kadang-kadang orang maunya belinya langsung disitu, jadi ketika saya ng-share produk, “teman saya lihat.. kan teman saya pengen beli tapi haduh males aku belinya karena harus chatting lagi, masuk ke websitenya, pindah environment (pindah window lagi) experience yang mungkin anak millenial jaman sekarang tidak suka. Nah, di toko online itu campaignnya kita bisa setel juga lewat Refeed.id. kenapa lewat refeed? Karena produknya harus di masukin kesana dulu. Jadi teman-teman harus memasukan produknya ke Refeed.id, klik boost. Ada fungsi boost nya di dalam dashboard merchant. Barang mana saja yang mau di boost, klik boost otomatis muncul di viralmu.id, di daftar produk-produk yang akan di lihat dan dipilih oleh promoter. Ketika dia share, bentuknya kalau di klik sudah seperti Toko. Orang bisa langsung melakukan check – out, belanja, pilih- pilih kemudian bayar.

Untuk teman-teman merchant, potensial mendapatkan influencer (promoter) di viralmu.id. Kemudian ada Tiket Viral, untuk merchant – merchant yang mempunyai tempat wisata, menjual tiket masuk konser / activites. Bisa create campaignnya melalui Tiket Viral. Hotel booking juga ada, kami menyiapkan fasilitas untuk teman-teman yang mempunyai property yang di sewakan dalam bentuk monthly atau daily atau weekly.

Siapa saja bisa menjadi promoter, yang penting punya Handphone dan ada paket datanya / WIFI. Gak harus punya follower sejuta. Yang penting punya close friends.

Avatar

Apakah sudah ada contoh merchant yang menghasilkan di viralmu? Sudah banyak.. coba masuk ke free cash, kita harus sering pantau karena apa? Karena 35.000 promoter ini rebutan ambil campaign. Jadi kadang-kadang campaign itu munculnya sebentar tiba- tiba hilang. Karena sudah terdistribusi, kalau dana / komisi merchant habis ya hilang campaignnya. Banyak juga yang sudah kejual barangnya.

Avatar

Ada lagi bu pertanyaan, media apa saja yang digunakan untuk memviralkan produk / brand kita?

Avatar

Sosial media untuk saat ini. Sosial media adalah 1 jalur / channel yang cukup komunikatif, kenapa? Karena si pemilik account mempunyai interaksi yang cukup dengan friends / follower nya. Kenapa? Terutama untuk generasi millenial karena ini yang menjadi promoter bisa siapa saja. Mulai dari anak smp – sma.

Avatar

Ini juga ada pertanyaan bagus bu, menggabungkan ekosistem Refeed dan Viralmu, bagaimana?

Avatar

Dari ujung dulu ya menggabungkannya, karena Viralmu adalah Channel distribusi, disana ada promoter berfungsi juga sebagai dropshipper untuk produk – produk yang sifatnya non – digital. Ini mulainya harus dari Refeed dulu, produknya taruh di Refeed dulu, manage di Refeed. Nanti di dashboard nya Refeed ada button di promosikan / boost. Klik saja itu, otomatis terdistribusi ke Viralmu tidak usah nyetting lagi promo yang seperti di viralmu. Tapi otomatis masuk ke jaringan yang “Toko Online”

Nah, ini ada pertanyaan menarik. Apa bedanya dropshipper di Refeed dan promoter di Viralmu? Jadi begini, refeed itu adalah platform toko online yang memungkinkan untuk me-manage dropshipper, disitu ada fungsi dropshipper dan reseller. Gak ada yang punya itu, selain di Refeed.id. Disitu bisa me-manage dropshipper yang datang dari diri sendiri. Lewat Viralmu di boost tadi, semua orang yang mempromosikan dan menjadi penjual, otomatis dia menjadi dropshipper. Jadi kalau, promoter yang ada di Viralmu mempromosikan produk-produk toko online yang datangnya dari Refeed itu dia menjadi dropshipper, kalau tidak datang dari refeed, tidak menjadi dropshipper. Maksudnya, tidak mempromosikan produk yang ada di Refeed.id.

Avatar

Ini juga ada pertanyaan bu, komisi promoter itu per share atau per klik?

Avatar

Berbeda-beda. Kalau viral booster itu per share (re-share). Sudah ada algoritma perhitungannya ya.. kalau promonya berbentuk selling itu per penjualan.

Avatar

Nah, bu tugas promoter apa saja nih?

Avatar

Tugas promoter hanya nge-share. Biar benefitnya nambah, tulislah sesuatu yang baik dan positive. Untuk apa? Biar orang tertarik dong dan paham maksudnya. Pastikan teman-teman yang melihat ini di encourage untuk doing something. Maksudnya itu begini; tolong di re-share. Tulisan yang meng-edukasi.

Avatar

Nah bu, jika sudah di share namun tidak ada yang tertarik dengan produk tersebut, apakah promoter mendapatkan fee dari merchant?

Avatar

Tergantung, kalau settingannya dari merchant itu adalah share dan re-share itu dapat. Karena ada algoritma nya tersendiri. Bisa di cek dulu komisi yang di set up oleh merchant berapa, dan bisa cek komisi tersebut di dashboard promoter.

Avatar

Dari Bu Silvi, apakah ada kesan dan pesan dari pembahasan ngobrol kita hari ini mengenai Viralmu?

Avatar

Yaaa.. untuk teman-teman merchant jika ingin melakukan satu promosi / ingin mendapatkan akses yang lebih luas ke jaringan / pemasaran yang real, bisa menggunakan Viralmu. Dimana Viralmu ini sangat terukur, didalam website Viralmu ada fungsi menghitung koefisien yaa.. saya harus mulai dari berapa, saya harus mulai dari angka promoter berapa ya, uang berapa yang[] harus saya siapkan.. itu terukur dan keliatan efeknya sampai sejauh mana. Jadi kalau saya mau efek kesekian ratus ribu, saya harus start dari what number (angka berapa). Di Viralmu ada kalkulator merchant, kalkulator viral untuk menghitung nilai koefisien nya. Begitu juga dengan promoter, bisa mengukur seberapa banyak potensial income yang bisa didapatkan berdasarkan network yang saya punya.

Gunakan segera mungkin Viralmu untuk mencapai goals[Ini bisa dijadikan QUOTES mas] dari bisnis brand awareness, marketing dan selling. Mumpung ini momentnya pas, semua orang pindah ke digital, semua orang pegang handphone, komunikasinya juga pindah ke platform – platform digital. Tidak perlu edukasi yang susah untuk menginformasikan produk / barang kita. Manfaatkan dengan baik Viralmu, karena ini cukup menarik!

Avatar

Jadi buat teman-teman yang mau lebih dalam lagi, silahkan dibuka website kami viralmu.id, silahkan langsung daftar!

payment gateway indonesia, chatbot ipaymu, midtransaksi indonesia